April 24, 2024

Meskipun dirilis pada tahun 2012 silam, namun hingga saat ini pamor Growtopia belum meredup karena masih banyak gamers hobi memainkan game ini. Tak heran karena gameplay yang ditawarkan cukup menyenangkan, dimana pemain dapat berkreasi menciptakan new world dan dimainkan bersama teman.

Permainan video MMO ini memungkinkan player-nya untuk menjalankan berbagai aktivitas seru, serta melakukan perang online dengan player lain dalam satu server. Bagi yang baru pertama kali mencoba bermain permainan ini, simak bagaimana cara bermainnya berikut.

Apa Itu Game Growtopia?

Growtopia adalah permainan sandbox MMO (Masively Multiplayer Online), dimana memungkinkan player-nya untuk melakukan beragam aktivitas seperti membangun dunia, bertani, PVP, mengobrol, menambah teman, berdagang, dan lain-lain. Di dalam permainan video 2D ini, hampir seluruhnya bisa tumbuh dari biji pohon.

Hal menyenangkan dari gim ini adalah keberagaman misi yang ditawarkan, sehingga pemain dapat terus bermain hingga seluruh misi berhasil dilakukan.

Agar misi dapat terselesaikan pun pemain harus menyelesaikan berbagai tugas seperti menghasilkan permata, XP, menjadi pemenang di Carnival Games, dan lain-lain.

Alur Permainan

Player dapat memasuki dunia milik player lain atau pun membangun dunianya sendiri. Di dalam dunia buatannya tersebut, pemain bisa melakukan beragam aktivitas sebut saja membangun balok, menanam pohon, atau mendapatkan permata.

Namun apabila areanya dikunci oleh orang lain, maka pemain tidak dapat melakukan beragam aktivitas tersebut. Agar bisa mengunci area tertentu, terdapat beberapa kunci yang bisa digunakan contohnya World Lock, Huge Lock, Big Lock, atau Small Lock.

Cara Bermain

Tak jauh berbeda dengan game pada umumnya, permainan MMO ini mewajibkan tiap pemainnya untuk memiliki akun. Akun tersebut layaknya sebuah ID bernama GrowID, dibuat agar pemain bisa bermain permainan ini.

Sejatinya pemain dapat bermain tanpa perlu membuat akun. Namun jika tidak memiliki akun, pemain tidak dapat memindahkan progress game ke perangkat lain saat ingin memainkannya di platform berbeda.

Setelah berhasil membuat akun, selanjutnya player dapat mulai bermain dengan cara di bawah ini.

  • Log in menggunakan GrowID yang telah dibuat sebelumnya.
  • Klik pada menu Exit World terletak di sisi kanan atas.
  • Pada bagian World Name, masukkan nama yang diinginkan.
  • Setelah berhasil memasukkan nama, klik pada kolom Enter World.
  • Selanjutnya player akan menemui dunia kosong, dimana pemain dapat menemukan Cave Background, Dirt Seed, Cave Background Seed atau Gems dengan cara menghancurkan tanah pada dunia Growtopia.

Nilai Gems

Item bisa didapatkan saat pemain menghancurkan tanah. Apabila Dirt Seed sudah cukup melimpah, pemain bisa menanamnya dengan cara mengklik pada biji tersebut.

Tunggu hingga hasil Dirt Seed bisa dipanen, lalu pemain dapat memanen berbagai jenis Gems dengan nilai berbeda. Berikut rincian nilai Gems-nya.

  • Ungu : 200 Gems
  • Merah muda : 100 Gems
  • Hijau : 50 Gems
  • Merah : 10 Gems
  • Biru : 5 Gems
  • Kuning : 1 Gems

Setelah itu susun Grass dengan komponen Dirt dan Rock. Jika sudah terbentuk, hancurkan Grass tersebut lalu kumpulkan bijinya hingga berjumlah 200 agar nantinya pemain bisa menjualnya dengan 1 WL (World Lock).

Tak hanya mengumpulkan biji dari Grass Seed atau Grass, pemain juga dapat melakukan kegiatan beternak dimana bisa menghasilkan penghasilan 2 WL setiap harinya.

Melihat gameplay Growtopia di atas, tak heran jika masih banyak gamers yang gemar memainkan permainan ini karena terbilang mengasyikkan dan tidak membosankan.

Selain itu untuk mencukupi kebutuhan item game, dapat mencari di gaming marketplace terlengkap Zeusx.com. Tersedia beragam akun, in-game items, top-up, dan lain-lain dari berbagai macam permainan populer di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *