Fakta Dalam Dunia Industri Fashion yang Terus Berkembang

Perkembangan dunia fashion terus menunjukkan adanya peningkatan permintaan hingga tren berbusana di kalangan masyarakat. Bagi para konsumen, mereka semakin mempunyai ekspektasi tinggi terhadap brand atau merek dagang fashion.

Salah satu yang paling banyak dikampanyekan adalah pakaian ramah lingkungan.

Fakta Dunia Industri Fashion

Pakaian adalah kebutuhan utama manusia sehingga permintaan terhadapnya terus mengalami kenaikan. Dengan adanya produksi serta penggunaan pakaian tanpa dibarengi usaha pengelolaan limbah dengan baik, membuat adanya tuntutan memproduksi busana yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, terdapat fakta-fakta lain di balik industri ini seperti berikut.

Munculnya Fast Fashion

Di era modern ini, di dunia fesyen memunculkan adanya istilah Fast Fashion. Ini merupakan sebuah konsep dari pergantian gaya atau mode pada waktu tertentu.

Hingga kemudian menjadi fenomena dimana muncul produk yang dibuat dalam jumlah besar untuk hasil siap pakai. Biasanya bahan yang digunakan tidak terlalu bagus sehingga cepat rusak.

Belanja Online dapat Menghemat Energi 30% Dibandingkan Offline

Fenomena belanja online juga turut memeriahkan naiknya penjualan pakaian. Faktanya, berbelanja secara online ternyata dapat menghemat energi hingga 30 % dibandingkan harus datang ke retail.

Selain itu, fakta di baliknya menjadi kabar baik dimana jauh lebih ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan kantong plastik dimana diganti kardus atau bahan reusable lainnya.

Penghasil Polusi Nomor

Tahukah Anda, bahwa fashion menyumbang polusi dengan peringkat nomor 3 di dunia? Kenapa bisa demikian?

Ini terjadi karena banyak perusahaan yang memproduksi pakaian tidak memperhatikan lingkungan alam sekitar dari dampak produksinya. Selain itu, para konsumen juga perlu mempertimbangkan penggunaan pakaian secara bijak.

Penghasil Sampah Paling Besar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, industri fesyen menjadi penyumbang sampah paling besar dimana lebih dari 80 miliar pakaian diproduksi pada setiap tahunnya.

Hal tersebut membuat 75% berakhir di pembuangan. Hal ini menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan akibat bahan kimia beracun hingga naiknya limbah tekstil.

Itu adalah ulasan tentang fakta dari industri fashion yang banyak orang tidak tahu. Dengan melihat kondisi tersebut, maka jadilah pengguna pakaian bijak sehingga ikut mengurangi limbah tekstil di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.